Managemen Proyek Sistem Informasi

Project

  • Kumpulan aktifitas yang jika dikerjakan secara berkesinambungan akan dapat mencapai sukses secara keseluruhan.
  • Sesuatu hal yang biasa diminta oleh client. Atau inisiatif dari team IT.
  • Dibuat untuk memperbaiki   suatu   masalah   dan   atau  sesuatu yang baru yang berbeda

Project Manager : Individu yang menjaga jalannya manajemen  proyek  dan  semua  sumber  dayanya  (biaya, staff, waktu, kualitas)

Project Management : Pengetahuan,  keahlian,  alat  bantu   dan   teknik   untuk   mengelola   aktivitas   proyek   dalam menghadapi  kebutuhan dasar stakeholders –   client    dan  memprediksi berbagai hal yang berkaitan dengan proyek.

 

Menentukan project berhasil atau gagal

> Batasan lingkup proyek (Project Contraint)

  • Time : waktu  yang  dibutuhkan  dalam  menyelesaikan  proyek.  Ada  beberapa  even  yang  ‘memaksa’  dalam  Timeline  proyek,  yaitu    opportunity  (kesempatan),  limitations  (Keterbatasan), competition (kompetensi).
  • Cost : Semua  biaya  yang  dibutuhkan  dalam  proyek.  Semua  sumber  daya  yang  dibutuhkan  untuk  menyelesaikan  proyek tergantung   pada   biaya,   pentingnya   manajer   proyek   disini adalah   melakukan   estimasi.   Setelah   itu   adalah   memonitor semua limitasi ini, supaya proyek ’aman’
  • Quality : Semua  hal  yang  dikerjakan  dalam  proyek  harus menghasilkan  sistem  pada  waktu  dan  dalam  budget  yang ditentukan  namun  tetap  dalam  kualitas  terbaik  yang  dapat dicapai.

> Fase proyek

  • Persiapan (Initiating) – mengenali  kebutuhan  yang  berhubungan dengan proyek untuk menangani masalah – masalah.
  • Perencanaan (Planning) – ketika mendefinisikan rencana yang akan digunakan  untuk  menyelesaikan tujuan akhir (requirements gathering).
  • Pelaksanaan (Executing) – Mengkoordinasi staff dan sumberdaya penting lainnya,  seperti  yang  sudah  ditetapkan  dalam perencanaan.
  • Pengawasan (Controlling) – Monitoring secara konstan terhadap overall progress dalam proyek dan menjaga integritas  tujuannya.
  • Sosialiasasi (Close Out) – Formalisasi penerimaan kesuksesan suatu proyek dari stakeholders (client).

 

 

mpsi1

Dokumentasi Selama Fase Project

  • Dokumen Konsep proyek (Project Concept Document) – ikhtisar dariapa yang diucapkan client pada meeting pendahuluan (preliminary meetings)
  • Dokumen Kebutuhan Proyek (Project Requirement Document) – hasil dari analisa kebutuhan.
  • Dokumen Persetujuan / Validasi (Project Charter) – dokumen yang berisi pengesahan manajemen dari client (acknowledges),bahwa proyek diizinkan untuk mengalokasikan sumberdaya.
  • Dokumen lingkup proyek(Project Scope Document) – kandungan proyek (yang berhubungan dengan proyek seperti : project members, project sponsor, dsb).
  • Dokumen Perencanaan Proyek  (Project  Plan)  –  detil  yang menunjukkan strategi untuk dapat  menyelesaikan   proyek. Outline-nya  bisa  berupa  tahapan-tahapan  fase  dan  langkah demi langkah kerja.
  • Dokumen sosialisasi ( Closing Document) – metode sosialisasi, training, serah terima dengan stakeholders dan komitmen akhir seperti garansi dsb.

Tujuh fase proyek software

  1. Definition
  2. Analysis
  3. Design
  4. Programming
  5. System test
  6. Acceptance
  7. Operation

Analogi Project IT dan Project Rumah

  1. Definition = Definisikan rumah yang akan dibangun
  2. Analyisis = Spesifikasi rumah
  3. Design = Arsitek
  4. Programming = Konstruksi rumah
  5. System test = Basement, lantai 1, 2, ….
  6. Acceptance = Rumah sudah selesai
  7. Operation = Rumah sudah dapat ditempati
%d bloggers like this: