Core Programming

Core programming adalah pemrograman berbasis teks.

Disini akan diberikan contoh – contoh pemrograman sederhana untuk memahami sintaks dan penerapannya dalam program.

Program menghitung bilangan factorial :

import javax.swing.*;

public class faktorial

{

public static void main (String args[])

{

int n, a = 1, c = 1;

n = Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog(“Masukan bilangan”));

for (int i = 1;i <= n;i++)

{

c *= a;

a++;

}

JOptionPane.showMessageDialog(null,”Bilangan faktorial dari ” + n +” ! adalah ” + c);

System.exit(0);

}

}

Program casting atau disebut juga pengaragan suatu hasil dari suatu tipe data menuju tipe data lainya, seperti nilai tipe data long menjadi integer, disini akan diperlihatkan jika jangkauan suatu tipe data dapat berubah jika dilakukan casting.

public class DemoCasting

{

public static void main(String args[])

{

double nilaiDouble = 3000.56d;

long m = (long)nilaiDouble;

int j = (int)m;

byte x =(byte)j;

byte nilaiByte = -72;

int i =(int)nilaiByte;

long p = (long)i;

double z = (double)p;

System.out.println(“\nPROGRAM CASTING TIPE DATA”);

System.out.println(“==========================\n”);

System.out.println(“Narrowing”);

System.out.println(“Nilai asli double =” + nilaiDouble);

System.out.println(“Proses narrowing long =” + m);

System.out.println(“Proses narrowing int =” + j);

System.out.println(“Proses narrowing byte =” + x);

System.out.println(“Widening”);

System.out.println(“Nilai asli byte =” + nilaiByte);

System.out.println(“Proses narrowing int =” + i);

System.out.println(“Proses narrowing long =” + p);

System.out.println(“Proses narrowing double =” + z);

}

}

Disini akan diperagakan operator bit untuk melihat hasil jika dilakukan suatu operasi bit seperti and, or, not.

public class DemoOperasiBit

{

public static void main(String args[])

{

byte x = 65;

int y = 5;

int hasilNot,hasilAnd,hasilOr,hasilXor;

System.out.println(“\nDEMO OPERASI BITWISE INTEGER”);

System.out.println(“=============================\n”);

hasilNot = 0;

hasilAnd = 0;

hasilOr = 0;

hasilXor = 0;

hasilNot = ~x;

hasilAnd = x & y;

hasilOr = x | y;

hasilXor = x ^ y;

System.out.println(“Hasil negasi :” + x + “=” + hasilNot);

System.out.println(“Hasil konjungsi :” + x + “&” + y +”=”+ hasilAnd);

System.out.println(“Hasil disjungsi :” + x + “|” + y +”=” + hasilOr);

System.out.println(“Hasil XOR :” + x + “^” + y +”=”+ hasilXor);

}

}

Dibawah ini adalah penerapan dari reserved word instaceof dan pengaksesan nilai suatu array dengan mengacu pada index nya.

public class DemoOperator

{

public static void main(String args[])

{

boolean cobain = false;

DemoOperator demo = new DemoOperator();

cobain = (demo instanceof DemoOperator);

String[] namahari = {“Senin”,”Selasa”,”Rabu”,”Kamis”,”Jumat”,”Sabtu”,”Minggu”};

System.out.println(“\nPROGRAM DEMO OPERATOR”);

System.out.println(“=======================\n”);

System.out.println(“Apakah objek demo merupakan instans dari DemoOperato ? ” + cobain);

System.out.println(“\nMencetak hari pertama “+ namahari[0]);

System.out.println(“\nMencetak hari empat “+ namahari[3]);

}

}

Dalam Java penulisan operator aritmatika sangat sering terjadi, terkadang ada beberapa penulisan yang bisa disingkat untuk mempercepat coding suatu program. Dibawah ini akan diperagakan.

public class DemoShortCutOperator

{

public static void main(String args[])

{

int a = 2, hasil;

System.out.println(“\nProgram Demo Short Cut Operator”);

System.out.println(“——————————–\n”);

System.out.println(“Nilai awal a =” + a);

a += 3;

System.out.println(“\n Shortcut Operator a += 3 menghasilkan :” + a);

a *= 3;

System.out.println(“\n Shortcut Operator a *= 3 menghasilkan :” + a);

a -= 3;

System.out.println(“\n Shortcut Operator a -= 3 menghasilkan :” + a);

System.out.println(“\n Nilai a sebelum postincremental = ” + a);

hasil = 3*(a++);

System.out.println(“Hasil postincremental 3*(a++) = ” + hasil);

System.out.println(“Hasil postincremental =” + a);

System.out.println(“\n Nilai a sebelum preincremental = ” + a);

hasil = 3*(++a);

System.out.println(“Hasil preincremental 3*(++a) = ” + hasil);

System.out.println(“Hasil preincremental =” + a);

System.out.println(“\n Nilai a sebelum postdecremental = ” + a);

hasil = 3*(a–);

System.out.println(“Hasil postdecremental 3*(a–) = ” + hasil);

System.out.println(“Hasil postdecremental =” + a);

System.out.println(“\n Nilai a sebelum predecremental = ” + a);

hasil = 3*(–a);

System.out.println(“Hasil predecremental 3*(–a) = ” + hasil);

System.out.println(“Hasil predecremental =” + a);

}

}

Deret merupakan salah satu cara untuk mengasah logika seorang programmer, disini akan dipraktekan sebuah program membuat deret. Silahkan dicoba dan dikembangkan.

import javax.swing.*;

public class PiramidaBilangan

{

public static void main(String args[])

{

int jumBaris;

int a = 0;

System.out.println(“\nProgram Mencetak Piramida Bilangan”);

System.out.println(“-=-=-=–=-=-=-==-=-=-=-=-=-=-=-=-==\n”);

String $brs = JOptionPane.showInputDialog(“Masukan jumlah baris : “);

jumBaris = Integer.parseInt($brs);

// segititga bawah

for (int baris = (jumBaris);baris >= 1;baris–)

{ a+=1;

for (int kolom=(jumBaris);kolom >(jumBaris)-a ;kolom–)

System.out.print(” “);

for (int bilangan = baris ; bilangan >= 1;bilangan–)

System.out.print(bilangan + ” “);

for (int bilangan = 2;bilangan <= baris;bilangan++)

System.out.print(bilangan + ” “);

System.out.println();

}

// segitiga atas

for (int baris = 1;baris <= (jumBaris);baris++)

{

for (int kolom=(jumBaris);kolom >=(baris) ;kolom–)

System.out.print(” “);

for (int bilangan = baris ; bilangan >= 1;bilangan–)

System.out.print(bilangan + ” “);

for (int bilangan = 2;bilangan <= baris;bilangan++)

System.out.print(bilangan + ” “);

System.out.println();

}

System.exit(0);

}

}

Ini salah satu tugas kuliah yang pernah saya buat. Intinya sih membuat menu dengan beberapa pilihan. Bagi yang dikampusnya sering disuruh bikin menu apalagi untuk matakuliah pemrograman silahkan dikembangkan sesuai dengan bahasa pemrograman yang dipakai, atau isi dari menu tersebut.

import javax.swing.*;

public class menu

{

public static void main(String args[]){

int pil=0;

while(pil != 3){

pil = Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog(

“JAVA\n1.Biodata\n2.Luas Segitiga\n3.Keluar” +

“\nMasukan pilihan[1..3]”));

switch (pil)

{

case 1:

String nm = JOptionPane.showInputDialog(“Nama”);

String npm = JOptionPane.showInputDialog(“NPM”);

String kls = JOptionPane.showInputDialog(“Kelas”);

String alm = JOptionPane.showInputDialog(“Alamat”);

JOptionPane.showMessageDialog(null,”Nama = “+nm+”\nNPM = “+npm+

“\nKelas = “+kls+”\nAlamat = “+alm);

break;

case 2:

double alas = Double.parseDouble(JOptionPane.showInputDialog(“alas”));

double tinggi = Double.parseDouble(JOptionPane.showInputDialog(“tinggi”));

double luas = (alas * tinggi)/2;

JOptionPane.showMessageDialog(null,”Luas = “+luas);

break;

case 3:

System.exit(0);

default:

JOptionPane.showMessageDialog(null,”Salah pilih mas”);

}

}

}

}

 

Dibawah ini akan saya tampilkan hasil latihan selama mempelajari java di kuliah virtual di ilmu computer

Ini contoh dalam membuat suatu objek. Yang mana objek tersebut akan memanggil method yang ada dikelas yang lain yang di instance oleh objek tersebut, dalam kasus ini nama objek tersebut adalah mobilku pada kelas MobilLengkapBeraksi.

class MobilLengkap{

String warna;int tahunProduksi;

void printMobil(){

System.out.println(“warna : “+warna);

System.out.println(“Tahun : “+tahunProduksi);

}

void hidupkanMobil(){

System.out.println(“pindahkan persneling ke posisi netral”);

System.out.println(“nyalakan mesin melalui kunci kontak”);

System.out.println(“gas pelan – pelan”);

}

void matikanMobil(){

System.out.println(“pindahkan persneling ke posisi netral”);

System.out.println(“matikan mesin melalui kunci kontak”);

System.out.println(“tarik rem tangan”);

}

void ubahGigi(){

System.out.println(“Injak kopling”);

System.out.println(“kurangi gas”);

System.out.println(“Pindahkan gigi keatas atau kebawah 1 tingkat”);

}

}

public class MobilLengkapBeraksi{

public static void main(String[] args){

MobilLengkap mobilku = new MobilLengkap();

mobilku.warna = “Hitam”;

mobilku.tahunProduksi = 2008;

mobilku.printMobil();

mobilku.hidupkanMobil();

mobilku.ubahGigi();

mobilku.matikanMobil();

}

}

Pada program dibawah ini akan dicontohkan mengirimkan suatu nilai variable melalui parameter pada suatu method, dalam kasus dibawah ini melakukan perhitungan matematikan dengan memanggil masing – masing method operasi dengan mengirimkan nilai parameter dari objek kelas matematika beraksi.

class Matematika{

double hasil;

void pertambahan(double a,double b){

hasil = a + b;

System.out.println(“Pertambahan : “+ a +” + “+b+” = “+hasil);

}

void pengurangan(double a,double b){

hasil = a – b;

System.out.println(“Pengurangan : “+ a +” – “+b+” = “+hasil);

}

void perkalian(double a,double b){

hasil = a * b;

System.out.println(“Perkalian : “+ a +” x “+b+” = “+hasil);

}

void pembagian(double a,double b){

hasil = a / b;

System.out.println(“Pembagian : “+ a +” / “+b+” = “+hasil);

}

}

public class MatematikaBeraksi{

public static void main(String[] args){

Matematika berhitung = new Matematika();

berhitung.pertambahan(20,20);

berhitung.pengurangan(10,5);

berhitung.perkalian(10,20);

berhitung.pembagian(21,2);

}

}

Pada contoh dibawah ini akan dipraktekan pemakaian konstruktor (nilai awal suatu variable saat program dijalankan) saat pembentukan objek.

class Buku{

String judul,pengarang,penerbit;

int tahun;

public Buku(String judul,String pengarang,String penerbit,int tahun){

this.judul = judul;

this.pengarang = pengarang;

this.penerbit = penerbit;

this.tahun = tahun;

}

public void cetakBuku(){

System.out.println(“Judul: “+this.judul);

System.out.println(“Pengarang : “+this.pengarang);

System.out.println(“Penerbit: “+this.penerbit);

System.out.println(“Tahun: “+this.tahun);

}

}

public class BukuBeraksi{

public static void main(String[] args){

Buku buku1 = new Buku(“Pemrograman berbasis objek dengan Java”,”Indrajani”,”Elex Media Komputindo”,2007);

Buku buku2 = new Buku(“Dasar Pemrograman Java”,”Abdul Kadir”,”Andi Offset”,2006);

buku1.cetakBuku();

buku2.cetakBuku();

}

}

Pada contoh dibawah ini akan dicontohkan pembuatan suatu pewarisan kelas.

class MobilLengkap1{

String warna;int tahunProduksi;

void printMobil(){

System.out.println(“warna : “+warna);

System.out.println(“Tahun : “+tahunProduksi);

}

void hidupkanMobil(){

System.out.println(“pindahkan persneling ke posisi netral”);

System.out.println(“nyalakan mesin melalui kunci kontak”);

System.out.println(“gas pelan – pelan”);

}

void matikanMobil(){

System.out.println(“pindahkan persneling ke posisi netral”);

System.out.println(“matikan mesin melalui kunci kontak”);

System.out.println(“tarik rem tangan”);

}

void ubahGigi(){

System.out.println(“Injak kopling”);

System.out.println(“kurangi gas”);

System.out.println(“Pindahkan gigi keatas atau kebawah 1 tingkat”);

}

}

public class MobilBMW extends MobilLengkap{

MobilLengkap BMW = new MobilLengkap();

void nontonTV(){

System.out.println(“TV dihidupkan”);

System.out.println(“TV mencari channel”);

System.out.println(“Tv menampilkan gambar”);

}

}

public class MobilBMWBeraksi{

public static void main(String[] args){

MobilBMW mobilku = new MobilBMW();

mobilku.warna = “Hitam”;

mobilku.tahunProduksi = 2008;

mobilku.printMobil();

mobilku.nontonTV();

mobilku.hidupkanMobil();

mobilku.ubahGigi();

mobilku.matikanMobil();

}

}

Pada program dibawah ini adalah penerapan prinsip polymorphism yang berhubungan dengan overloading(penggunaan nama suatu method dengan parameter yang berbeda).

class Matematika1{

double hasil;

void pertambahan(int a,int b){

hasil = a + b;

System.out.println(“Pertambahan : “+ a +” + “+b+” = “+hasil);

}

void pengurangan(int a,int b){

hasil = a – b;

System.out.println(“Pengurangan : “+ a +” – “+b+” = “+hasil);

}

void perkalian(int a,int b){

hasil = a * b;

System.out.println(“Perkalian : “+ a +” x “+b+” = “+hasil);

}

void pembagian(double a,double b){

hasil = a / b;

System.out.println(“Pembagian : “+ a +” / “+b+” = “+hasil);

}

void pertambahan(double a,double b,double c){

hasil = a + b + c;

System.out.println(“Pertambahan : “+ a +” + “+b+” + “+c+” = “+hasil);

}

void pengurangan(double a,double b,double c){

hasil = a – b – c;

System.out.println(“Pengurangan : “+ a +” – “+b+” – “+c+” = “+hasil);

}

void perkalian(double a,double b,double c){

hasil = a * b * c;

System.out.println(“Perkalian : “+ a +” x “+b+” x “+c+” = “+hasil);

}

void pembagian(double a,double b,double c){

hasil = a / b / c;

System.out.println(“Pembagian : “+ a +” / “+b+” / “+c+” = “+hasil);

}

}

public class MatematikaBeraksi1{

public static void main(String[] args){

Matematika1 berhitung = new Matematika1();

berhitung.pertambahan(20,20);

berhitung.pengurangan(10,5);

berhitung.perkalian(10,20);

berhitung.pembagian(21,2);

berhitung.pertambahan(12.5,28.7,14.2);

berhitung.pengurangan(12.5,28.7,14.2);

berhitung.perkalian(12.5,28.7,14.2);

berhitung.pembagian(12.5,28.7,14.2);

}

}

Pada contoh dibawah ini adalah contoh yang sama untuk prinsip polymorphism untuk overloading, dan ditambahkan penerapan konstruktor pada pembentukan objek.

class Buku1{

String judul,pengarang,penerbit;

int tahun;

public Buku1(String judul,String pengarang,String penerbit,int tahun){

this.judul = judul;

this.pengarang = pengarang;

this.penerbit = penerbit;

this.tahun = tahun;

}

public Buku1(String judul,String pengarang){

this.judul = judul;

this.pengarang = pengarang;

}

public void cetakBuku1(){

System.out.println(“Judul: “+this.judul);

System.out.println(“Pengarang : “+this.pengarang);

System.out.println(“Penerbit: “+this.penerbit);

System.out.println(“Tahun: “+this.tahun);

}

public void cetakBuku2(){

System.out.println(“Judul: “+this.judul);

System.out.println(“Pengarang : “+this.pengarang);

}

}

public class BukuBeraksi1{

public static void main(String[] args){

Buku1 buku1 = new Buku1(“Pemrograman berbasis objek dengan Java”,”Indrajani”,”Elex Media Komputindo”,2007);

Buku1 buku2 = new Buku1(“Dasar Pemrograman Java”,”Abdul Kadir”);

buku1.cetakBuku1();

buku2.cetakBuku2();

}

}

Pada contoh dibawah ini adalah penerapan sederhana prinsip enkapsulasi, dengan membuat package maka suatu class akan terbungkus dan dapat digunakan oleh kelas lain. Untuk membuat program dibawah ini harus membuat folder dengan nama dosen dan didalam folder tersebut baru dibuat secara terpisah class dalam suatu file berekstensi .java,.Joko.java dan Budi.java. kemudian buat file DosenBeraksi.java diluar folder tersebut.

package dosen;

public class Budi{

public void mataKuliah(){

System.out.println(“Mengajar matakuliah Pengembangan Sistem”);

}

}

package dosen;

public class Joko{

public void mataKuliah(){

System.out.println(“Mengajar matakuliah Sistem Operasi”);

}

}

import dosen.*;

public class DosenBeraksi{

public static void main(String[] args){

Budi objBudi = new Budi();

objBudi.mataKuliah();

Joko objJoko = new Joko();

objJoko.mataKuliah();

}

}

Pada contoh dibawah ini akan diterapkan pembuatan suatu interface yang akan diimplementasikan pada program pada suatu class.

interface intAC{

public static final int keadaanHidup = 1;

public static final int keadaanMati = 0;

public static final int counterSuhu = 5;

public abstract void hidupkan();

public abstract void matikan();

public abstract void panaskanAC();

public abstract void dinginkanAC();

}

class AC implements intAC{

int statusAC=0;

int suhuAC=40;

public void hidupkan(){

if(this.statusAC == keadaanMati){

this.statusAC=keadaanHidup;

System.out.println(“Hidupkan AC ! –> AC Hidup”);

System.out.println(“Suhu AC : ” + this.suhuAC);

} else {

System.out.println(“Hidupkan AC ! –> AC sudah hidup kok”);

}

}

public void matikan(){

if(this.statusAC == keadaanHidup){

this.statusAC=keadaanMati;

System.out.println(“Matikan AC ! –> AC Mati”);

System.out.println(“Suhu AC : ” + this.suhuAC);

} else {

System.out.println(“Matikan AC ! –> AC sudah mati kok”);

}

}

public void panaskanAC(){

if(suhuAC <= 60){ //suhu max 65

this.suhuAC += this.counterSuhu;

System.out.println(“Suhu AC : ” + this.suhuAC);

} else {

System.out.println(“Suhu AC hampir maximum, tidak dapat dipanaskan lagi!!!”);

}

}

public void dinginkanAC(){

if(suhuAC >= 20){ //suhu min 15

this.suhuAC -= this.counterSuhu;

System.out.println(“Suhu AC : ” + this.suhuAC);

} else {

System.out.println(“Suhu AC hampir minimum, tidak dapat didinginkan lagi!!!”);

}

}

}

public class InterfaceBeraksi{

public static void main(String[] args){

AC ACKelas = new AC();

System.out.println(“Status ACsaat ini mati”);

ACKelas.hidupkan();

ACKelas.matikan();

ACKelas.matikan();

ACKelas.hidupkan();

ACKelas.hidupkan();

ACKelas.panaskanAC();

ACKelas.panaskanAC();

ACKelas.dinginkanAC();

ACKelas.dinginkanAC();

ACKelas.dinginkanAC();

}

}

Selamat mencoba

Regards you all.

EL_Zalman’s

  1. Makhsus
    29 August 2010 at 6:14 am

    good Job

    • javanewbie
      18 July 2013 at 3:18 am

      Thanx🙂

  2. 12650116-si.blogspot.com
    25 April 2013 at 11:00 am

    hebat

    • javanewbie
      18 July 2013 at 2:44 am

      Thanx🙂

  3. 21 September 2013 at 7:07 pm

    Hello Web Admin, I noticed that your On-Page SEO is is missing a few factors, for one you do not use all three H tags in your post, also I notice that you are not using bold or italics properly in your SEO optimization. On-Page SEO means more now than ever since the new Google update: Panda. No longer are backlinks and simply pinging or sending out a RSS feed the key to getting Google PageRank or Alexa Rankings, You now NEED On-Page SEO. So what is good On-Page SEO?First your keyword must appear in the title.Then it must appear in the URL.You have to optimize your keyword and make sure that it has a nice keyword density of 3-5% in your article with relevant LSI (Latent Semantic Indexing). Then you should spread all H1,H2,H3 tags in your article.Your Keyword should appear in your first paragraph and in the last sentence of the page. You should have relevant usage of Bold and italics of your keyword.There should be one internal link to a page on your blog and you should have one image with an alt tag that has your keyword….wait there’s even more Now what if i told you there was a simple WordPress plugin that does all the On-Page SEO, and automatically for you? That’s right AUTOMATICALLY, just watch this 4minute video for more information at. Seo Plugin

  4. 25 September 2013 at 12:31 am

    Only wanna input on few general things, The website design is perfect, the content material is real great : D.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: